Presiden Jokowi Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Monumen Pancasila Sakti

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, pukul 07.55 WIB, Selasa (1/10/2024).

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa utamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai,” ucap Presiden selaku inspektur upacara.

Selanjutnya, pembacaan teks Pancasila dilakukan Ketua MPR Bambang Soesatyo, diikuti pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan ikrar kesetiaan kepada Pancasila dipandu Ketua DPR RI Puan Maharani.Usai pembacaan Ikrar, upacara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Presiden didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nadiem Anwar Makarim, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memasuki tempat upacara di Monumen Pancasila Sakti.

Setelah pembacaan doa, dilakukan penerimaan penghormatan kebesaran dari komandan upacara kepada inspektur upacara. Kemudian inspektur upacara meninggalkan mimbar upacara, untuk kemudian bersama rombongan terbatas melakukan peninjauan ke Monumen Pancasila Sakti dan Lubang Buaya.

Sebelumnya dalam unggahan di akun media sosial pribadinya, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk senantiasa menjaga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di samping itu, dia juga menekankan pentingnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga. Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tulis Presiden di akun X miliknya @Jokowi.

Turut hadir dalam upacara ini, antara lain para pimpinan lembaga tinggi negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, para kepala staf angkatan, perwakilan negara sahabat, dan keluarga pahlawan revolusi.

FIA

Komandan upacara Kombes I Ketut Gede Adi Wibawa memberikan aba-aba untuk pasukan yang mengikuti acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024. Foto: Youtube Setpres.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *