IPW: Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Cermat Usut Pertemuan Pimpinan KPK Dengan Eko Darmanto

banner 468x60

JAKART, jurnal-ina.com – Indonesia Police Watch (IPW) mengingatkan Dirkrimsus Polda Metro Jaya harus profesional, proporsional dan cermat mengusut perkara pertemuan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Eko Darmanto, mantan Kepala Bea Cukai Yogjakarta dikaitkan dengan pasal 36 UU KPK tentang Larangan Pimpinan KPK bertemu langsung atau tidak langsung dengan tersangka atau pihak lain yang terkait perkaranya sedang diproses oleh KPK.

Perkara Alex Marwata berbeda dengan perkara Firli Bahuri pada beberapa hal;
1. Pertemuan dilakukan di Gedung KPK, artinya ada kepentingan kedinasan yang sedang dijalankan oleh Alex Marwata. Dalam hal ini Alex Marwata akan mendengar informasi dugaaan pelanggaran hukum korupsi dalam kaitan info yang dimiliki oleh Eko Darmanto a.l. Importasi emas dll.
2. Pertemuan di Gedung KPK bukan dalam kapasitas pribadi Alex Marwata, tetapi sebagai pimpinan KPK.
3. Pertemuan tersebut sudah dilaporkan pada pimpinan lain dan dihadiri oleh 2 staff pengaduan.
4. Saat pertemuan Eko Darmanto belum dalam status tersangka, masih dalam klarifikasi oleh KPK terkait flexing.

IPW mengingatkan Polda Metro Jaya tidak digiring oleh pihak-pihak tertentu dalam kasus Alex Marwata ini untuk ” mengkriminalisasi ” pimpinan KPK Alek Marwata. KECUAli ada terdapat bukti lain sepreti adanya janji atau pemberian sesuatu yang diterima oleh pimpinan KPK Alek Marwata. Bila tidak ada bukti lain terkait pemberiqn janji atau pemberian sesuatu terkait jabatan sabagai pimpinan KPK, perkara ini lemah.

“IPW percaya Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto akan bersikap profesional dan proporsional sehingga akan bertindak cermat sesuai hukum sehingga dapat menepis dugaan kriminalisasi pada pimpinan KPK,” ujar Sugeng Teguh Santoso.

DW

“IPW percaya Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto akan bersikap profesional dan proporsional,” ujar Sugeng Teguh Santoso. Foto: DW.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *