Dampingi Presiden, Wapres Hadiri Peringatan HUT TNI Ke-79 di Lapangan Silang Monas

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dampingi Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 yang dilaksanakan di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Kegiatan ini diawali dengan upacara resmi pada pukul 07.30 WIB, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Rangkaian upacara mencakup pemeriksaan pasukan, pemberian penghargaan kepada tiga perwira tinggi TNI, serta penyampaian amanat Presiden.

Usai mengikuti upacara, Wapres didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menyaksikan serangkaian acara puncak peringatan HUT TNI. Berbagai penampilan dan atraksi spektakuler dipertontonkan, tidak hanya oleh para prajurit TNI, tetapi juga artis dan musisi papan atas.

Penampilan dari prajurit TNI, meliputi demo bela diri, berkuda, atraksi dari Jupiter Aerobatic Team, terjun payung, Rajawali Laut Flight, demo anti-drone, defile pasukan dan alutsista, kirab alutsista bersama rakyat, drone theatrical, serta fly pass, boomerang serta high-speed pass. Sementara penampilan fantastis lainnya dibawakan oleh bintang tamu dari artis dan musisi ternama, seperti; Dewa 19, Ari Lasso, Slank hingga Raffi Ahmad.

Secara terpisah melalui rekaman video, Wapres menyampaikan bahwa TNI telah memberikan kontribusi besar selama 79 tahun kepada Tanah Air. TNI, menurutnya, telah berkembang menjadi institusi pertahanan modern, kuat dan profesional yang tidak hanya menjaga kedaulatan bangsa, tetapi juga berperan dalam pembangunan nasional serta menjaga perdamaian dunia.

“Menghadapi tantangan global yang semakin kompleks, TNI harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, terutama untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan menghadapi ancaman siber, peperangan asimetris dan dinamika geopolitik,” ujar Wapres.

Masa Transisi Pemerintah

Sejalan dengan tema HUT TNI tahun ini, yaitu “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”, Wapres optimis bahwa TNI akan terus menjadi pilar stabilitas dan keamanan pembangunan nasional, termasuk menyambut masa transisi pemerintahan.

“Menjelang pergantian pemerintahan pada bulan Oktober ini, saya berharap TNI semakin mantap menjalankan perannya mengawal transisi kepemimpinan nasional secara damai dan aman. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan perlindungan kepada seluruh anggota TNI dalam menjalankan tugas mulianya,” tutur Wapres.

“Selamat ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir sejumlah pejabat negara, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabumin Raka, Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Ke-11 Boediono, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono.

FIA

Wapres K.H. Ma’ruf Amin diapit Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Setpres.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *