Tim Putri Tertahan Dari Slovenia, Tim Putra Kandas di Regu Slovakia

banner 468x60

BUDAPEST, jurnal-ina.com – Hasil cukup menggembirakan kembali dicatat Tim Catur Putri Indonesia di Olimpiade Catur 2024 di Budapest, Hongaria. Indonesia yang mendudki urutan ke-65, mengimbangi tim kuat Slovenia yang tercatat sebagai unggulan ke-28 pada olimpiade kali ini.

Sementara Tim Catur Putra Indonesia yang mendudki urutan ke-89 harus mengakui keunggulan Tim Slovakia yang saat ini menjadi unggulan ke-43.

Di hari kedua ini, para pecatur andalan Indonesia memang harus bekerjakeras untuk menghadapi lawan-lawan mereka. Di bagian putri, WCM Evi Lindiawati (rating 1.940) berhasil meredam serangan-IM Laura Unuk (2316).

Meski unggul 1 pion, sayangnya teknik penyelesaian Evi kurang sempurna dan akhirnya dimanfaatkan Laura untuk bertahan sehingga berakhir dengan remis.

“Evi yang memegang buah putih berhasil ‘mengganggu’ Laura dengan memainkan varian sederhana Spanyol, variasi tukar dilanjutkan dengan pertukaran menteri. Kemungkian Laura tidak tahan dengan posisi tenang ini sehingga mengorbakan bidaknya untuk mengalihkan permainan menjadi lebih kompleks,” ungkap Lisa Lumongdong, Kapten Tim Putri.

Sementara pemain papan 2, Angel Ruth Nugroho (1.939) harus mengakui keunggulan WIM Zala Urh (2.251). Di papan 3 pecatur Evi Yuliana (1.912) yang menghadapi WIM Teja Vidic (2.128) bermain dengan percaya diri yang berujung remis. “Tidak mudah, tapi juga tidak terlalu sulit seperti yang terbayangkan semula,” ungkap Evi selepas pertandingan.

Clementia Adeline (1.550) yang berada di papan 4 sekalipun memegang buah hitam, mengawali permainan dengan sangat bagus dan berhasil unggul secara posisi. Namun untuk memetik kemenangan memang perlu proses pematangan. Clementia pun harus puas berbagi angka dengan WFM Vesna Mihelic (2.069).

Terhenti

Di bagian putra, perlawanan FM Andrean Susilodinata (2393), akhirnya harus terhenti dan takluk di tangan GM Viktor Gazik (2.561). Sementara Zacky Dhia Ulhaq (2.203) yang berada di papan 3 kandas juga di tangan IM Juraj Druska (2.441). Begitu juga denga IM Fabian Glen Mariano (2.121) yang akhirnya tumbang oleh IM Sebastian Lukas Kastolansky (2.404).

Satu poin berhasil dicuri dari Slovakia oleh FM Satria Duta Cahaya (2.219) yang berada di papan 2 dan berhasil mengalahkan IM Samir Sahidi (2.474).

Menurut Kapten Tim Kristianus Liem, partai Duta-lah yang paling berjalan imbang. “Duta mulai unggul ketika melancarkan terobosan bidak d4 pada langkah ke-36. Keunggulan tipis itu berhasil dipertahankan Duta hingga menang pada langkah ke-63 setelah bidak bebas lajur-a sudah melaju hingga ke petak a6 dan tidak tercegah promosi menjadi menteri,” ungkap Kris.

Dia pun menambahkan, kemenangan Duta ini bisa menjadi modal yang bagus untuk mengejar Norma IM pertamanya, karena pecatur yang dia kalahkan bergelar IM (Internasional Master).

Dengan hasil akhir 1 ½-2 ½ , Tim Catur Putri Indonesia pada babak ke 3 akan menghadapi tim Hong Kong. Sementara hasil 1-3 yang diperoleh Tim Catur Putra Indonesia mengantarkannya menghadapi Tim Namibia di babak 3.

AYRP – Urry Kartopati


Tim Catur Putra Indonesia yang mendudki urutan ke-89 dunia, kalah dari regu unggulan Slovakia. Foto: UK.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *