Satria Duta dan Evi Yuliana Terus Bersinar di Olimpiade Catur 2024

banner 468x60

BUDAPEST, jurnal-ina.com – Setelah sehari libur, tim catur putra Olimpiade 2024 Indonesia menghentikan perlawanan tim Hong Kong, sementara tim putri tunduk dari Tunisia pada pertangingan babak 7 di Budapest, Hongaria.

Satria Duta Cahaya (2.219) kembali menjadi pahlawan bagi tim putra Indonesia setelah menjadi satu-satunya pecatur Indonesia yang menang, sementara tiga rekannya lainnya berakhir remis.

Kemenangan Duta cukup dramatis. Lawannya, FM Daniel King Wai Lam (2.088) unggul satu bidak, lalu menawarkan remis di langkah 32. Namun Duta menolak karena posisinya sedang menekan, bidak lawan di e6 juga bisa setiap saat diambil.

Keputusan Duta ternyata tepat. Lawan yang kecewa tawaran remisnya ditolak kembali berpikir keras dan konsentrasi penuh tanpa sadar jamnya sudah lewat 90 menit, padahal baru 33 langkah. Duta acungkan tangan memanggil wasit yang sedang sibuk di meja sebelah.

“Saya sebagai kapten menghampiri. Setelah dicek memang benar, waktu 90 menit untuk 40 langkah sudah habis dan Daniel Lam King Wai baru mainkan 32 langkah. Dia menepuk kepalanya dan memberi selamat Duta,” ujar Kristianu Liem, kapten tim putra Indonesia.

Menurut Kris, di atas kertas putra Indonesia seharusnya bisa menang mudah lawan Hong Kong, tetapi di atas papan tidaklah mudah. Partai papan 4, Reynard Kristoper (2.114) yang selalu main London System, waktunya justru tersisa 30 menit dalam 20 langkah, menghadapi lawan yang berusia 12 thn Yiheng Li (1.893). Beruntung partainya berakhir remis.

Zacky Dhia Ulhawq (2.203) yang sejak pembukaan unggul satu bidak, ternyata tak mampu menang lawan Wang Ip Boris Chan (2.017). Begitu juga pemain papan 1, FM Andrean Susilodinata (2.393) yang juga unggul satu bidak di permainan tengah, tak mampu menang dari CM Jamison Edrich Kao (2.125). Keduanya remis. Sehingga angka 2½-1½ merupakan kemenangan yang maksimal di babak 7 bagi tim putra .

Jika di tim putra ada Duta, di kelompok putri ada Evi Yuliana (1.912). Dia menjadi satu-satunya pemain yang mampu memberikan poin penuh di babak ini.

Di Langkah ke-29

Evi terus menekan lawannya, Meriem Ben Amor (1.733) dan tidak memberi kesempatan sedikit pun kepadanya, sampai akhirnya Mariem menyerah di langkah ke-29. Dengan pengumpulan 5,5 poin dari 7 babak, membuat Evi semakin dekat dengan gelar WFM.

“Partai Evi di meja 3 menjadi partai yang menarik karena dia mampu menyelesaikan permainannya dengan memanfaatkan potensi taktis yang ada. Diawali dengan pengorbanan kualitas yang akhirnya menjadi ancaman skakmat yang tak dapat diselamatkan lagi bagi lawannya,” tutur Lisa Lumongdong kapten tim putri Indonesia.

Di tiga partai lainnya, tim putri harus mengakui keunggulan tim Tunisia. WCM Evi Lindiawati (1.940) dan Angel Ruth Nugroho (1.939) harus menyerah dari lawan-lawan mereka WFM Amen Miladi (1.851) dan WCM Mesyssem Mefteh (1.834). Hasil lainnya Clementia Adeline (1.550) yang ada di meja 4 sepakat remis di langkah ke 41 lawan yasmine Gamha (1.679).

“Sebenarnya di babak tengah Angel sempat unggul materi 1 bidak, juga unggul posisi. Namun teknik penyelesaian permainan akhir menteri yang kurang sempurna, menyebabkan dia kalah. Permainan akhir menteri merupakan situasi yang rawan sehingga harus ekstra hati-hati dan kalkulasi harus akurat,” ungkap Lisa yang memberikan aapresiasi atas usaha keras Angel.

Di babak 8, tim Putra Indonesia akan melawan tim kuat Uruguay yang diperkuat 2 GM, 2 IM dan 1 FM. Sementara tim putri akan menghadapi Lebanon.

AYRP – Urry Kartopati

Regu catur putri Olimpiade 2024 Indonesia bersama Lisa Lumongdong (tengah) kapten tim putri Indonesia. Foto: UK.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *