Penerapan Content and Language Integrated Learning Bahasa Inggris di SMP Kabupaten Karo

banner 468x60

Jurnal-ina.com – Pengajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah seringkali menghadapi berbagai tantangan. Para guru harus beradaptasi dengan beban kurikulum yang padat sekaligus memastikan kemampuan siswa menggunakan bahasa Inggris secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Beban kurikulum yang padat muatan tata bahasa memaksa para guru untuk mengelola waktu pengajaran dengan bijaksana. Dalam hal ini, penguasaan prinsip dan teknik pengajaran bahasa Inggris yang efektif menjadi kunci penting bagi para pendidik.

Salah satu metode global yang semakin populer dalam pengajaran bahasa Inggris adalah Content and Language Integrated Learning (CLIL). Metode ini terbukti efektif untuk mengintegrasikan pembelajaran konten dengan peningkatan kemampuan berbicara (speaking) siswa. Namun, pengetahuan tentang metode CLIL masih belum banyak dimiliki oleh para guru.

Sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan ini, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama dengan Universiti Malaya (Malaysia) menyelenggarakan pelatihan CLIL yang ditujukan kepada 25 guru bahasa Inggris tingkat SMP di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap pada kurun waktu Juli-September 2024 oleh Tim Pengabdian USU yang diketuai oleh Prof. Dr. Rudy Sofyan, S.S., M.Hum.

Tahap pertama dilaksanakan dalam format hibrid pada 12-13 Juli 2024. Tahap kedua berupa pelatihan daring yang dipandu oleh Dr. Nurul dan Dr. Chew Shin Yi dari Universiti Malaya, berlangsung dari 20 Juli hingga 10 Agustus 2024. Tahap ketiga diadakan secara tatap muka pada 13-14 September 2024, dengan menghadirkan Associate Professor Dr. Ng Lee Luan dan Dr. Chew Shin Yi (Universiti Malaya) untuk memberikan pelatihan lanjutan kepada para guru.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Karo”

Sebanyak 25 guru bahasa Inggris SMP terpilih untuk mengikuti pelatihan ini. “Kegiatan ini telah dimulai sejak Juli 2024 dan mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karo,” ungkap Bapak Anderiasta Tarigan, AP, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, yang didampingi Bapak Laksana Ketaren, S.Pd., M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian, Prof. Dr. Rudy Sofyan, S.S., M.Hum., didampingi oleh anggota tim, Prof. Dr. Dra. T. Thyrhaya Zein, M.A., Dr. Rusdi Noor Rosa, M.Hum. dan Dra. Junita Setiana Ginting, M.Si., menjelaskan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. Tim juga melakukan pemantauan terhadap kegiatan pengajaran di beberapa SMP di Kabupaten Karo.

AYRP – RS

Pelatihan Hibryd Online oleh Assoc. Prof. Dr. Ng Lee Luan (Universiti Malaya). Foto: RS.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *