Olimpiade Catur 2024: Putra Gulung Palestina, Tim Putri Kandas Dari Korsel

banner 468x60

BUDAPEST, jurnal-ina.com – Tim catur putra Olimpiade Catur 2024 Indonesia kembali menunjukkan performanya, mempecundangi pecatur Palestina dengan angka 3-1, sementara dibagian putri, tim Indonesia harus mengakui kekuatan Korea Selatan dengan hasil akhir 2-3 di Budapest, Hongaria.

FM Satria Duta Cahaya (2.219 ) mengawali peluang Indonesia dengan bermain remis lawan IM Christian D Michel Yunis (2.220) yang perbedaan rating-nya cuma satu angka. Permainan di papan 2 ini berjalan imbang terus, meski Duta berkal-kali membuat permainan genting karena penuh langkah taktis. Keduanya bermain tanpa cacat, sehingga remis disetujui pada langkah 32.

Berbeda dengan babak-babak sebelumnya, kemenangan tim Putra Indonesia atas Palestina kali ini justru disumbangkan oleh dua papan bawah, yaitu CM Fabian Glen Mariano (2.121) dan Reynhard Kristoper (2.114).

Fabian yang berada di papan 3, partainya lebih menenangkan karena unggul sampai 3 bidak dan tetap dalam posisi yang menekan sehingga kemenangannya terhadap Ahmad Abdel Wahab (1.995) memang hanya menunggu waktu saja.

Sementara Reynard yang ada di papan 4, sempat membuat cemas. Karena sampai langkah 21, waktu pikirnya tinggal 3 menit. Beruntung satu langkah kemudian lawannya blunder yang sangat fatal sehingga CM Baha Miswadah (1.957) menyerah pada langkah 26.

FM Andrean Susilodinata (2.393) di papan 1 bertarung panjang lawan CM Mohamed Allam (2.053). “Unggul satu bidak dalam permainan akhir benteng di mana posisi raja lawan sudah posisi fortres. Lebih dari 5 kali Allam yang menawarkan remi, tetapi selalu ditolak oleh Andrean sampai posisinya memang benar-benar remis dan tidak bisa diolah lagi, baru Andrean setuju remis di langkah 63,” ujar kapten tim putra Kristianus Liem.

Di bagian putri, perjuangan Lindri dan rekan-rekannya pun harus terhenti melawan tim Korea Selatan, yang di atas kertas masih bisa diatasi, namun ternyata di lapangan hasilnya berbeda. Tim putri harus mengakui keunggulan tim Korea 3-1.

Menurut kapten tim putri Lisa Lumomngdong, sebetulnya permainan babak ke-9 ini sesuai dengan gaya Evi Yuliana (1.912), yaitu permainan tajam dan komplikasi. Namun karena terlambat mengembangkan permainannya, lawan pun terus mendesak dan tidak memberi kesemptan pemain papan 3 ini untuk konsolidasi posisinya sampai kalah kualitas dan akhirnya menyerah dari WCM Sohyun Kang (1.726).

Bermain di papan 2, Angel Ruth Nugroho (1.939) cukup menguasi permainan dan berusaha terus mengambil inisiatif. Namun dia lengah terhadap pertahanan rajanya. Hal itulah yang menjadikan lawannya terus menekan posisi raja yang tidak rokade. Angel kalah perwira dan akhirnya harus meninggalkan meja perntandingan dengan posisi kalah dari Anastasia Khan (1.859).

Memenangkan Pertandingan

Kondisi yang cukup menguntungkan bagi kubu tim putri Indonesia adalah saat pemain papan 4, Clementia Adeline (1.550) berhasil memenangkan pertandingan melawan WCM Yeonhee Cho (1.696).

Clementia bermain pertahanan Sisilia namun lawannya memilih untuk bermain bukan variasi utama Sisilia. Posisi permainan keduanya cukup baik, sampai akhirnya dalam proses susun posisi dan improvement piaces, lawannya melakukan miskalkulasi sehingga Clementia menang 2 bidak, dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Dalam posisi kalah satu poin, harapan tinggallah tertumpu pada pundak pemain papan 1 Indonesia, WIM Lindri Juni Widjayanti (2.155), yang pada awalnya berhasil meredam serangan lawan, namun karena krisis waktu membuat Lindri melakukan kesalahan sehingga akhirnya kalah 1 bidak di permianan akhir. Setelah bertarung cukup alot, akhirnya permainan dimenangkan WFM Sunwoo Park (1.877).

“Lindri Juni juga sudah sangat baik memulai permainan. Di tengah permainan lawannya korban bidak untuk membuat posisi menjadi komplikasi dan Lindri memilih menerima korban bidak itu. Jika lebih tenang, sebenarnya bisa memilih untuk tidak menerima pengorbanan bidak agar permainan seimbang, tidak harus menahan serangan-serangan lawan,” ujar Lisa menjelaskan.

Dengan hasil babak 9 ini, maka tim putri harus kerja ekstra keras untuk menaikkan ranking Indonesia. Begitu juga tim putra, tak boleh lengah pada dua babak terakhir. Saat ini tim putri berada di ranking 94 dari 181 negara, sementara tim putra ada di ranking 80 dari 196 negara.

Di babak ke 10, tim putra akan menghadapi tim tangguh Andorra yang diperkuat 2 GM, 1 IM dan 1 FM, sementara tim putri akan melawan Barbados.

AYRP -Urry Kartopati

Andalan Tim Merah Putih yang mempecundangi Palestina dengan angka 3-1 bersama Kapten Tim, Kristianus Liem (paling kanan). Foto: Stev Bonhage.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *