MenKopUKM ke Belanda Perkuat Perdagangan dan Peningkatan Kapasitas Startup Indonesia

banner 468x60

BELANDA, jurnal-ina.com – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki kunjungan kerja ke Belanda dengan misi memperkuat kerjasama ekonomi, perdagangan di bidang UMKM dan peningkatan kapasitas perusahaan rintisan di Indonesia yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik.

Pada kunjungannya tersebut, MenKopUKM menghadiri forum The Netherland Trade, Tourism, & Investment (TTI) Forum yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda dan dilanjutkan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda, Liesje Schreinnemacher  guna membahas peluang kerjasama antara Indonesia-Belanda.

Read More
banner 300x250

Forum TTI digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Belanda di Den Haag dan dihadiri oleh 150 pelaku bisnis dari Belanda dan Indonesia. Menurut  Teten Masduki, forum ini merupakan sarana strategis untuk menggali potensi kerjasama yang lebih erat antar kedua negara.

MenKopUKM di Belanda, Selasa (28/5/2024), menegaskan, Belanda menjadi mitra dagang dan investasi yang strategis bagi Indonesia. “Keberhasilan kerjasama ini perlu ditingkatkan dan direplikasi karena masih banyak sektor yang berpeluang besar untuk dikembangkan secara bersama. Terutama di sektor UMKM, startup, hingga perkoperasian di Indonesia. Salah satu yang paling potensial adalah sektor agroculture dan aquaculture,” kata MenKopUKM.

Selain itu, keberhasilan Belanda mengembangan sektor pertanian dengan teknologi tinggi sehingga meningkatkan produktivitas lahan juga menjadi perhatian MenkopUKM. Secara khusus juga disampaikan mengenai peluang kerjasama dengan perusahaan lokal Indonesia agar dapat memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk belanja pengadaan Pemerintah Indonesia di bidang teknologi peralatan pertanian, perikanan dan perkebunan.

“Bagi kami di Indonesia, kerjasama yang dilakukan akan menjadi peluang untuk transfer pengetahuan mengenai teknologi terbaru di bidang agri-tech, sementara bagi perusahaan Belanda akan mempunyai kesempatan produknya dipasarkan di Indonesia,” ujar Teten.

Airport Solutions

Pada pertemuan bilateral yang dilakukan dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda, Liesje Schreinnemacher, dibahas peluang kerjasama pada bidang floating solar, airport solutions dan hilirisasi untuk transisi energi. Disampaikan juga, saat KemenKopUKM sedang fokus melakukan pembinaan terhadap 500 startup dari 2560 startup untuk siap go global.

“Kami perlu dukungan baik pendanaan maupun pembinaan lebih lanjut dan berharap dapat bekerjasama dengan Pemerintah Belanda untuk mengembangkan para startup,” tandas MenKopUKM.

Kunjungan juga membahas kerjasama stratejik dengan Rabo Foundation untuk bidang sustainable financing serta meninjau langsung upaya peningkatan kapasitas beberapa inkubator startup, yang merupakan hasil kerjasama dengan PUM Belanda.

Mulia Ginting – Erwin Tambunan

MenKopUKM Teten Masduki dan Liesje Schreinnemacher serta masing-masing stafnya foto bersama. Foto: KemenKopUKM.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *