FOBI Gelar “Piala Presiden: 1st FOBI World Championship 2024” Diikuti 10 Negara

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) di bawah kepemimpinan Ketua Umum Edy Kusuma, pada 17 s/d 19 Mei 2024 akan menyelenggarakan kejuaraan Barongsai international yang melibatkan tak kurang dari 10 negara dengan jumlah peserta sekitar 550 atlet.

Event akbar yang menggunakan tajuk “Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024” ini merupakan pagelaran yang pertama kali diselenggarakan FOBI sejak diterima sebagai anggota KONI.

Klub-klub barongsai mancanegara yang rencana diundang dan akan bertarung di venue Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, adalah tim-tim jawara di negerinya. Jadi sudah dapat dipastikan kejuaraan ini pasti akan seru dan menarik.

Ada 3 jenis cabang olahraga yang dipertandingkan. Kelompok pertama memperebutkan Piala Presiden adalah Barongsai (Southern Lion Dance). Kelompok kedua adalah Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga, serta kelompok ketiga adalah Naga (Dragon Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

Agar pagelaran akbar ini terselenggara dengan sukses, panitia telah mengadakan berbagai persiapan, termasuk antar jemput atlet mancanegara dan keperluan akomodasi sejak datang dan kembali ke negaranya. Pelayanan yang sama juga diberikan kepada atlet nasional Indonesia.

Semua upaya ini diberikan untuk menciptakan suasana dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertarung. Demikian juga dengan para juri yang akan memimpin kejuaraan. Mereka adalah juri berpengalaman yang dari beberapa negara dan memiliki sertifikat juri internasional sehingga layak untuk memberikan nilai.

Sangat Bergengsi

Dengan demikian kualitas dan level kejuaraan ini dapat dipastikan sangat bergengsi. Kejuaraan ini akan disiarkan secara langsung oleh Program TVRI Sport. Untuk masyarakat yang antusias menonton langsung kejuaraan internasional ini bisa memesan tiket melalui platform loket.com.

“Barongsay Indonesia banyak tertinggal dari negara lain, karena sudah lama vakum. Dan baru belakangan ini aktif kembali. Kami mesti mengejar ketinggalan itu,” kata Edy Kusuma didampingi Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma, Sekjen PB FOBI Arifin Himawan, Ketua Panitia Hasan Karman, Ketua Pertandingan, Xaverius Djunair dan para Pengurus Besar FOBI lainnya kepada awak media di Jakarta, Rabu(17/4/2024).

Edy mengatakan, Barongsai di Indonesia merupakan satu-satunya di dunia yang diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI). “Kejuaraan ini untuk pertama kalinya kami gelar dan berharap agar event ini sukses. Barongsai tak hanya berprestasi dari sisi olahraga, tapi juga sebagai penunjang menyukseskan pariwisata di Indonesia,” paparnya lagi.

Sementara itu, Sekjen KONI Pusat TB Ade Lukman, mengatakan pihaknya menyambut positif kegiatan ini.
“Apresiasi kami dengan terselenggatanya kejuaraan international karena belum semua cabang olahraga menggelar kegiatan serupa,” ujar Ade Lukman.

Anto

Unsur pengurus dan panitia menjelaskan rencana pertandingan Barongsai international melibatkan 10 negara. Foto: Humas.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *