Kemenparekraf Gelar “Kenarok” Pertemukan Pelaku Ekraf Dengan Industri Pariwisata

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan PT. Pertamina Smexpo didukung Pakuwon Group menyelenggarakan “Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (Kenarok)” yang mempertemukan pelaku ekonomi kreatif (UMKM) dengan industri pariwisata di Jawa Timur guna memperkuat rantai pasok industri pariwisata.

Pelaku UMKM berkesempatan berinteraksi dengan pemangku kepentingan industri pariwisata, mendapatkan wawasan tentang kebutuhan pasar serta membangun jaringan yang lebih luas. Peserta juga diajak saling belajar, berkolaborasi dan berinovasi. Dengan harapan dapat menciptakan produk dan layanan yang tidak hanya bernilai ekonomis, tetapi juga memiliki daya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

“Targetnya, pada tahun 2024, sektor ini diharapkan mampu menyumbang sebesar 4,5% dari PDB. Data BPS menunjukkan peningkatan performa pariwisata Indonesia pada tahun 2023 dengan total kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 11,6 juta kunjungan,” kata Menparekraf Sandiaga.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani, mengatakan kegiatan ini menandai langkah besar mendukung integrasi UMKM ke rantai pasok industri pariwisata, melalui penandatanganan 70 Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berpotensi mengubah lanskap ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia.

“Pencapaian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antarsektor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Dengan penandatanganan PKS ini, pelaku UMKM mendapatkan akses pasar yang lebih luas, kesempatan untuk meningkatkan kapasitas produksi, serta potensi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka sesuai dengan standar industri pariwisata yang kompetitif,” ujar Rizki.

Namo Fitzgerald

Menparekraf Sandiaga S. Uno bersama Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani berbicara secara daring di “Kenarok Kemenparekraf X Pertamina Smexpo”. Foto: Humas.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *