Wapres Berharap ke Depan KPK Lebih Berintegritas

banner 468x60

SEMARANG, jurnal-ina.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap ke depan Komosisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kembali menjadi lembaga yang kredibel. “Kita harapkan KPK ke depan supaya lebih berintegritas,” ujar Wapres di Semarang, Kamis (28/12/2023).

Penegasan itu disampaikan Ma’ruf Amin saat memberi keterangan pers kepada media. “Supaya KPK yang sekarang ini dianggap indeks prestasinya buruk, dikembalikan lagi menjadi lembaga yang kredibel dan disegani,” ungkap Wapres usai meninjau Rumah Pelita di Jalan Candi Pawon Timur III, Manyaran, Kota Semarang.

Untuk mengembalikan marwah KPK, kata Wapres diperlukan perbaikan di tubuh lembaga yang telah berdiri selama 21 tahun itu. “Saya kira perlu dilakukan pembenahan-pembenahan ke dalam,” imbuhnya.

Sebelumnya Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Ketua (Nonaktif) KPK Firli Bahuri pada Rabu (27/12/2023).

“Keputusan Presiden”

“Saya kira itu prosesnya sudah betul. Maksimal memang menurut aturan yang saya dengar, di KPK, Dewas hanya bisa mengusulkan untuk supaya mengundurkan diri. Selanjutnya yang akan menetapkan untuk pengunduran diri itu adalah Presiden (Keputusan Presiden) ya. Presiden sesuai dengan aturan,” tegas Wapres.

Sebagai informasi, Ketua Nonaktif KPK Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi termasuk pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kemarin, Dewas KPK pada putusannya merangkum tiga pelanggaran etik Firli.

Pertama, Firli diduga mengadakan hubungan langsung maupun tak langsung dengan pihak lain yang sedang beperkara di KPK. Kedua, Firli tak melaporkan pertemuan itu kepada Pimpinan KPK lainnya. Ketiga, Firli dianggap tak jujur melaporkan harta kekayaannya diformulir laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Saat keterangan pers, Wapres didampingi oleh Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana, Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Staf Khusus Wapres Robikin Emhas.

FIA

“Saya kira perlu dilakukan pembenahan-pembenahan ke dalam,” imbuhnya. Foto: Setwapres.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *