Kodim 1710/Mimika Bersama Seluruh Instansi, Mahasiswa dan Ormas Sisir Pasar Sentral di Jumat Bersih

banner 468x60

TIMIKA, jurnal-ina.com Mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama, termasuk TNI. Sebagai Satuan Teritorial, Kodim 1710/Mimika memiliki tanggung jawab moral mewujudkan kebersihan tersebut dan mengajak masyarakat untuk turut serta mengikuti kebiasaan baik itu.

Didasari dari hal tersebut, Kodim 1710/Mimika beserta seluruh instansi di Kabupaten Mimika bersama Mahasiswa dan Ormas KKJB melaksanakan karya bakti pembersihan Pasar Sentral, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Jumat 08/12/2023). Jumat Bersih ini dipimpin Kasdim 1710/Mimika, Mayor Inf Abdul Munir dengan melibatkan sekitar 155 orang peserta gabungan. 

Read More
banner 300x250

Kegiatan diawali dengan apel pagi di Koramil 1710-02/Timika yang dipimpin Kasdim 1710/Mimika. Pada kesempatan ini, Kasdim menyampaikan bahwa Karya Bakti dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan dilaksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat akan bencana alam seperti banjir yang disebabkan sampah.

Usai apel, seluruh peserta gabungan bergeser menuju ke Pasar Sentral selanjutnya seluruh peserta menyebar ke titik-titik yang sudah ditentukan. Seluruh peserta bersemangat kemudian beberapa warga dan penjual pasar pun turut membantu kegiatan ini. Pembersihan difokuskan pada tumpukan sampah dan parit serta genangan air. Sampah yang sudah dikumpulkan selanjutnya diangkut menggunakan truk untuk dibuang ke TPA.

Warga dan penjual pun menyampaikan terima kasih atas kegiatan ini karena telah membuat pasar lebih bersih dan nyaman. Kegiatan ini pun dimaksudkan untuk mengampanyekan budaya bersih masyarakat dan Kodim 1710/Mimika berkomitmen untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan positif di tengah-tengah masyarakat demi kehidupan yang lebih baik. 

Pen Kodim 1710/Mimika – Mion Efendy

Banyak sampah yang dibersihkan dan diangkut dengan fasilitas kendaraan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Foto: Pen Kodim 1710/Mimika.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *