Menparekraf Perkuat Kolaborasi Komunitas Lewat Java Camp 2023 di Magelang Jateng

banner 468x60

MAGELANG, jurnal-ina.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga S. Uno minta agar kolaborasi lintas komunitas diperkuat mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui Java Camp 2023 di Desa Wisata Ngargogondo, Magelang, Jawa Tengah.

Acara Java Camp 2023 diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sebagai upaya memperkuat jaringan komunitas di berbagai daerah dan meningkatkan sinergi antara pemerintah dengan unsur pentahelix pariwisata. Khususnya komunitas di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ketika menyapa peserta di sesi Workshop Kreatif dan Ngobrol Parekraf pada Java Camp 2023, Sabtu (5/8/2023) malam, Menparekraf menjelaskan acara ini momentum berkarya bagi semua peserta yang hadir untuk berbagi ide kreatif, beradaptasi dengan perkembangan zaman dan menciptakan peluang baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Di Java Camp 2023, kami ingin mendorong kolaborasi antara berbagai komunitas di seluruh Indonesia serta masyarakat setempat, UMKM dan Pemerintah Daerah. Sinergi ini kunci bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk membuka peluang usaha serta membuka lapangan kerja seluas luasnya,” ujar Sandiaga.

Bertukar Informasi

Java Camp 2023 mempertemukan 35 komunitas untuk bertukar informasi antar komunitas yang berada di Pulau jawa, bersilaturahmi antar komunitas dan kegiatan ini juga mengeksplorasi beberapa desa wisata yang memamerkan beragam produk UMKM hasil dari desa tersebut. Kemudian perwakilan komunitas diberikan workshop dan diajak membuat konten bersama terkait keindahan alam desa dan produk UMKM.

Java Camp 2023 dilaksanakan pada 4-6 Agustus 2023 dengan beberapa agenda seperti community talk, famtrip dan explore desa wisata, workshop kreatif dan ngobrol parekraf, serta outbound dan capacity building bagi para peserta.

“Acara Java Camp 2023 menjadi bukti konkret kolaborasi antara GenPI dengan Kemenparekraf melalui Biro Komunikasi. Kolaborasi ini berhasil menciptakan momen berharga yang mempertemukan berbagai komunitas dari seluruh Indonesia. Mari bersama-sama melaksanakan Java Camp 2023 sebagai langkah awal menuju kesuksesan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan kolaborasi, inovasi, dan adaptasi.” kata Sandiaga.

Namo Fitzcerald

Peserta Java Camp 2023 di Desa Wisata Ngargogondo, Magelang, Jawa Tengah. Foto: Humas.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *