Harum Energy Men’s World Tennis Tour Tole Gugur di Semifinal

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Langkah andalan Indonesia, Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi (24), terhenti di semifinal Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023, Sabtu (24/6/2023). Unggulan ketujuh ini dikandaskan wakil Jepang, Sora Fukuda di Lapangan Tenis The Sultan Hotel and Residence, Jakarta. Berlaga dua jam delapan belas menit, kalah rubber set, 6-7 (6), 6-2, 4-6.

“Lawan bermain bagus dari awal game sampai akhir. Dia semangatnya luar biasa. Dibandingkan dua minggu lalu, hasil ini sudah lebih bagus bisa masuk semifinal. Saat itu saya kalah di babak pertama,” tutur ranking 684 tunggal ATP itu.

Read More
banner 300x250

Sebagaimana partai di babak sebelumnya, Tole kehilangan set pembuka. Kecolongan servis pertama, Garuda tenis ini menggantinya dalam kemenangan tiga game beruntun. Meskipun begitu, dia mesti merelakan set ini usai kalah tie break.

Di set kedua, Tole sempat meminta perawatan medis. Kakinya tampak kelelahan mengejar bola. “Ada salah gerak sedikit. Cuma enggak begitu berpengaruh ke akhir permainan. Memang lawan kidal ini sulit sekali karena jarang,” tuturnya.

Perawatan itu menyegarkan kakinya. Tole pun bangkit. Atlet kelahiran Banjarmasin ini menjaga bolanya sendiri berbekal groundstrokes yang apik. Dia renggut dua servis lawan saat mencatat lima kemenangan beruntun menutup set.

Momentum itu pun terjaga dengan dua kemenangan beruntun. Sayang sekali, keunggulan ini begitu singkat. Servisnya patah pada game ketiga, lob-nya jatuh di luar garis lapangan. Sora dari negeri matahari terbit menyamakan kedudukan. Setelah itu, tidak lagi ada poin bagi Tole. Empat game beruntun buat Sora menyudahi laga ini.

“Di game terakhir tadi sempet, 3-4. Saya serve, di situ momentumnya hilang. Akhirnya dia bisa ambil 3-5. Dia serve, langsung diabisin, 3-6. Saya tadi mainnya kurang agresif. Di akhir laga, saya cenderung main lebih defensive.”

Pada seri ketiga, Tole akan kembali meramaikan turnamen berlevel M15 Jakarta. Dia bakal turun di kedua nomor, tunggal dan ganda. “Saya akan persiapkan kembali pekan depan. Setelah dua minggu ini, saya main di Taiwan,” tuturnya.

Sementara itu, partai semifinal lainnya pun memperlihatkan kekalahan unggulan. Omar Jasika (26), Seeded teratas sekaligus juara pekan lalu mengundurkan diri dalam keadaan tertinggal pada set penentuan. Wakil Australia itu menyerah partai final pada Yurii Dzhavakian, asal Ukraina yang merangkak dari kualifikasi, 6-4, 2-6, 0-2.

Partai final pekan kedua turnamen yang disponsori perusahaan tambang yang melantai di bursa saham dengan kode HRUM ini akan mempertemukan dua non-unggulan. Yurii, peringkat 1386 ATP akan meladeni Sora, peringkat 945 ATP.

Anto

Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi tersingkir di semifinal Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023. Foto: Humas.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *