Anggota Koramil 1710-04/Tembagapura, Amankan Acara Adat Bakar Batu

banner 468x60

TIMIKA, jurnal-ina.com Papua merupakan satu-satunya  provinsi yang memiliki tradisi unik, yaitu acara bakar batu yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat di provinsi lainnya.

Upacara bakar batu itu merupakan upacara tradisional masyarakat Pegunungan Papua yang biasa dilakukan sebagai wujud rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, turut berkabung, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang.

Read More
banner 300x250

Sebagai Aparat Komando Kewilayahan di daerah yang masyarakatnya terdapat suku pegunungan, harus mengetahui adat istiadat masyarakatnya sebagai sarana jalin keakraban guna  mempermudah pembinaan teritorial.

Seperti halnya yang dilakukan oleh personel Koramil 1710 -04/Tembagapura dipimpin Danramil Kapten Chb Eliazar Manuk Allo. Melalui giat Binternya di Kampung Kimbeli Distrik Tembagapura, Danramil dan anggota bersama pihak Kepolisian dan personel Satgas menghadiri sekaligus pengamanan jalannya acara adat bakar batu.

Personil Koramil 1710 -04/Tembagapura.

Dalam rangka ucapan syukur atas pemberian Status dan peletakan Papan Nama Gereja KINGMI Pos Pelayanan Jemaat Kimbeli. Kegiatan dipimpin Bapak Pendeta Christian Jangkup S.Th. (Ketua Klasis Tembagapura Gereja Kingmi) diikuti sekitar 500 orang, Jumat (16/6/2023).

Danramil mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat di wilayah binaan serta sebagai sarana untuk mengetahui perkembangan situasi terkini di wilayah. Dengan adanya interaksi atau komunikasi dengan warga, maka secara tidak langsung akan mempererat hubungan TNI dengan Rakyat.

“Dengan hadir dalam setiap acara adat masyarakat seperti ini, harapannya tugas pokok sebagai satuan kewilayahan dalam Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah Koramil 1710-04/Tembagapura, pada khususnya akan terlaksanan dengan baik karena kita telah menyatu dengan warga dan diterima positif,” ungkapnya.

Pen Kodim 1710/Mimika – Fajri Marga Utama

Ucapan syukur atas pemberian Status dan peletakan Papan Nama Gereja KINGMI Pos Pelayanan Jemaat Kimbeli. Foto: Kodim 1710/Mimika.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *