Zona Asia 3.3 Chess Championships 2023, Susanto dan Irene Awali Langkah Baik

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Pecatur andalan tuan rumah, Grand Master (GM) Susanto Megaranto (2.523) dan Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar (2.390), mengawali langkah dengan baik mengalahkan lawan masing-masing di babak pertama Kejuaraan Catur bertajuk Zona Asia 3.3 Chess Championships 2023 di Century Hotel Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2023).

Bertanding di kelompok putra, memegang buah hitam GM Susanto memperdaya permainan agresif IM Tran Minh Thang (2.326) dengan menyudahi perlawanan pada langkah ke-20. Dia memperdaya dengan tipu daya berkorban kuda di langkah ke-18 untuk kemudian menyulitkan dan kemudian menyudahi perlawanan Tran.

“Pada langkah ke-18 saya berkorban kuda dan kemudian meneruskan serangan untuk membuat mati lawan. Kemenangan yang tidak mudah dan lawan yang pernah saya kalahkan empat tahun lalu itu memperlihatkan perkembangan cukup baik. Memang di kejuaraan Asia Zona 3.3 Chess Championships ini kekuatan sangat merata sehingga kita tidak boleh lengah sedikit pun,” kata Susanto usai tanding.

Sementara itu pecatur senior IM Danny Juswanto gagal membendung unggulan utama Tin Jingyao (2,576/Singapura). Pun demikian IM Ali Muhammad Lutfi (2.369) harus mengakui keunggulan GM Le Tuan Mihn (2.542/Vietnam).

Sedangkan GM Novendra Triasmoro (2.504) berhasil mengatasi perlawanan MF Laohawirapap Pri (2.319/Thailand). IM Novita Anjas (2.384) mengalahkahkan Burbach Brunel Baron (Thailand). IM Gilbert Elroy Tarigan (2.384) memperdaya Lin Chung-Yu Lee (Chinnese Taipei)

Main Apik

Sementara di kelompok putri WGM Irene juga bermain main apik menghentikan perlawanan WIM Foudzi Siti Zulaikha (Malaysia/2.136) pada langkah ke-23. Dia yang memegang bidak hitam mampu memegang kendali permainan memasuki pertengahan sebelum akhirnya menyudahi dua kali juara nasional Negeri Jiran tersebut.

“Pertandingan yang cukup sulit. Tapi saya berusaha dari awal menyusun posisi sebelum akhirnya melakukan serangan untuk mengakhiri perlawanan lawan,” tutur WGM Irene usai pertandingan.

“Lawan-lawan yang tampil pada Asia Zona 3.3 ini semuanya batu-batu (keras) dan memiliki kekuatan yang berimbang. Dari awal mulai melangah tidak boleh terburu-buru sebab kekuatan lawan sangat merata. Bersyukur di pertandingan pertama bisa memetik kemenangan dan akan menambah rasa percaya diri untuk pertandingan berikut karena masih panjang sampai sembilan babak,” terang Irene.

Kemenangan juga diraih pecatur putri Indonesia lainnya, di antaranya juara edisi 2019 IM Medina Aulia Warda mengalahkan WGM Le Thant Tu (Vietnam) dan WIM Ummi Fisabilillah menang atas Vo Thi Thuy Tien (Vietnam).

Anto

GM Irene Kharisma Sukandar sebelum bertanding lawan IM Foudzi Siti Zulaikha (Malaysia). Foto: Humas.

Artikel ini sudah terbit di govnews-idn.com

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *