Indonesia Memastikan Sebagai Runner Up

banner 468x60

MANILA, jurnal-idn.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner up Grup A usai menang 2-1 atas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Senin (2/1/2023).

Tuan rumah sebenarnya langsung melakukan tekanan di menit- menit awal. Bahkan mereka sempat membuka beberapa peluang. Tapi Indonesia tidak tinggal diam dan memberikan respon atas serangan Filipina.

Read More
banner 300x250

Gempuran yang dilancarkan membuat Indonesia mendapatkan peluang melalui Saddil Ramdani melepaskan tendangan di area kotak penalti, namun masih bisa ditepis kiper Filipina, Anthony Pinthus.

Filipina setelah itu justru mengandalkan serangan balik. Mereka memberikan ancaman untuk lini pertahanan Skuad Garuda. Filipina mendapatkan tendangan bebas, kemelut terjadi nyaris berbuah gol untuk Filipina. Kapten Stephan Shrock melepaskan tendangan keras, namun bisa ditepis oleh Nadeo Argawinata. Filipina tampil tanpa beban, mereka kerap merepotkan pertahanan Indonesia dengan permainan ciamik.

Indonesia masih dalam tekanan ketika laga berjalan enam menit. Mulai dari tendangan bebas, hingga tendangan demi tendangan yang dilepaskan pemain Filipina. Indonesia mendapatkan peluang lewat tendangan sudut yang dieksekusi Marc Klok, sayang, tendangan Rizky Ridho belum menemui sasaran.

Gol yang ditunggu -tunggu akhirnya datang juga. Dendy Sulistyawan pada menit ke-21 mampu memecah kebuntuan setelah memanfaatkan assist lemparan Pratama Arhan. Sebelum turun minum, Marselino Ferdinan menggandakan kedudukan jadi 2-0 pada menit ke-43 setelah menerima operan pendek Saddil Ramdani.

Pratama Arhan menguasai si kulit bundar

Memasuki babak kedua merah putih terus melancarkan serangan guna mendapatkan banyak gol pada laga ini, namun gagal. Untuk menambah daya dobrak pelatih Shin Tae-yong (Korea Selatan), pada menit ke-59 memasukan beberapa pemain. Witan Sulaeman digantikan Yakob Sayuri dan Saddil Ramdani digantikan Egy Maulana Vikri.

Perubahan taktik dilakukan Indonesia, Yakob Sayuri dimainkan Shin Tae Yong di sisi kiri serangan, sedangkan Egy bermain di kanan. Hasilnya Egy memperoleh peluang emas untuk Indonesia pada menit ke-67. Setelah mendapatkan umpan Dendy, tendangan kaki kiri Egy ke tiang kanan gawang Filipina terlalu melebar.

Kiper pengganti Syahrul Trisna membuat penyelamatan gemilang dengan mementahkan tendangan kaki kanan Reyes dari jarak dekat pada menit ke-78. Filipina justru memberikan kejutan setelah berhasil membobol gawang Indonesia pada menit ke-83 lewat sundulan Sebastian Rasmussen yang memanfaatkan umpan silang Stephan Schrock dari sisi kiri.

Sebetulnya Indonesia bisa menggandakan golnya pada menit ke-86, tapi sayang posisi dua lawan satu tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Ricky Kambuaya yang sedikit egois dan tidak memberikan umpan kepada Ilija Spasojevic bebas tanpa kawalan. Karena kelamaan menggiring bola, Kambuaya akhirnya kehilangan bola, termasuk Indonesia yang juga kehilangan peluang gol.

Indonesia mendapatkan sejumlah peluang emas pada sisa laga, namun tidak membuahkan gol. Tanpa tambahan gol, Indonesia menang 2-1 atas Filipina dan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner up Grup A.

NTO

Marselino Ferdinan membayangi pemain Filipina di pinggir lapangan. Indonesia akhirnya memetik kemenangan 2-1 dan lolos ke semifinal Piala AFF. Foto: Humas

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

Susunan pemain Filipina vs Indonesia:

Filipina: Anthony Pinthus; Simen Lyngbo, Jefferson Tabinas, Amani Aguinaldo, Christian Rontini, Audie Menzi; Oliver Bias, Stephan Schrock, Hikaru Minegishi; Kenshiro Daniels, Mark Hartmann.

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *