Piala AFF, Indonesia Bermain Imbang 1-1 Lawan Thailand

banner 468x60

JAKARTA, jurnal-ina.com – Tuan rumah Indonesia gagal meraih angka penuh setelah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Thailand dalam lanjutan babak penyisihan grupdi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis sore WIB 29 Desember 2022.

Sejak menit-menit awal Thailand langsung menggebrak dengan mendominasi permainan. Sebagai tim unggulan di Grup ini Thailand berusaha membuat kejutan. Tapi, Indonesia mampu bertahan dengan baik. Apalagi pelatih Shin Tae-yong (Korea Selatan) menyiapkan lini belakangnya lebih serius.

Empat pemain disiapkan untuk membentengi gawang Indonesia. Di depan Shin mengandalkan Dendi Sulistyawan, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Namun ketika Thailand menyerang, semua pemain kecuali Witan konsentrasi di belakang. Upaya itu membuahkan hasil positif dengan adanya serangan cepat Indonesia. Ada satu momen yang benar-benar membuat pendukung Indonesia gigit jari.

Witan Sulaeman terdiam dengan wajah tak percaya pada menit 39. Dia gagal mengkonversi peluang emas untuk menjadi gol pembuka Indonesia pada laga ini. Kedudukan imbang 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Sabar Membangun Serangan

Memasuki babak kedua Thailand tetap menerapkan pressing ketat. Thailand lebih sabar membangun serangan.
Tapi sayang pada menit 49 malapetaka itu datang. Theerathon mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan handball di dalam kotak penalti saat coba menghalau sepakan Asnawi Mangkualam.

Wasit pun menunjuk titik putih tanda penalti bagi Indonesia. Mark Klokk tampil sebagai algojo bagi tim merah putih. Dia mampu melaksanakan tugasnya dengan baik setelah memperdaya kiper Thailand. Kedudukan berubah 1-0 untuk Indonesia.

Unggul jumlah pemain tidak membuat Indonesia tampil dominan. Justru Thailand mampu melakukan tekanan-tekanan. Itu membuat Indonesia membuat kesalahan.

Diawali dengan upaya Asnawi melakukan passing kepada Fachruddin Aryanto. Tapi bola malah berjalan pelan. Penyerang Thailand, Adisak Kraisorn berhasil mencurinya dan melewati Fachruddin. Dia melepaskan umpan kepada Sarach Yooyen yang kemudian melepas tendangan dari luar kotak penalti. Kedudukan berubah menjadi 1-1 pada menit ke-79.

Di sisa waktu yang ada, Skuad Garuda coba untuk memaksimalkan keunggulan jumlah pemain. Namun, sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tercipta.

NTO

Pencetak gol Indonesia Marc Anthony Klok dari titik penalti. Foto: Humas

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *